Selamat Datang Di Blog Mukminatun, Saran dan Kritik Sangat saya nantikan demi kemajuan Blog Ini

Sabtu, 12 Januari 2013




Pentingnya belajar
Oleh: Mukminatun
Semua siswa pasti ingin menjadi pintar dan dapat menyerap pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Untuk dapat menjadi anak pintar haruslah belajar dan membutuhkan usaha yang keras. Belajar adalah proses mentransformasi informasi dan pengalaman yang terjadi sepanjang hayat ke dalam pengetahuan, ketrampilan dan sikap.

Suatu proses belajar ini penting bagi peserta didik, sebab tanpa belajar tidak dapat menyerap informasi yang diberikan dalam proses pembelajaran. Memang karakteristik masing-masing siswa itu berbeda ada yang cerdas, ada yang biasa-biasa saja dan ada juga yang kurang. Untuk siswa yang cerdas mungkin dapat menguasai pelajaran hanya dengan mengikutu pelajaran saja namun bagi siswa yang sedang dan kurang tanpa bejar tidah dapat menguasai pelajaran.


Belajar itu merupakan suatu pekerjaan yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan butuh kerja keras. Tanpa adany ahalitu pasti seseorang tidak akan belajar dengan optimal. Untuk dapat baik kita harus membiasakan belajar dengan tepat waktu dan jangan pernah menunda-nunda untuk belajar. Sebab jika kita males lalu menundanya kita tidak akan jadi belajar. Suatu pekerjaan yang di tunda-tunda akan menyebabkan keberhasilan tertunda.

Belajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, baik di sekolah, dirumah, perpustakaan dan lain-lain. Cara belajar yang efekti dapat dilakukan yaitu
Belajar kelompok
Belajar kelompok dapat menjai kegiatan belajar menjadi menyenngkan, sebab ditemani dirumah dan dapat dilakukan dirumah. Agar belajar kelompok efektif harus dilakukan dengan serius dan jangan terlalu banyak bermainnya.
 Rajin membuat cataan
Unduk mempermudah penguasaan dalam belajar, sebaiknya bagian pelajaran yang penting di catat menggunakan kertas atau buku kecil yang dapatdibawa keman-kemana sehingga mudah untuk dipelajari dimanapun.
Disiplin dalam belajar
Jika kita sudah membuat perancanaan waktu untuk belajar maka harus dilaksanakan dengan baik. Contonya belajar tepat waktu dan serius. Sebaiknya kita menyusun suatu kegiatan setiap hari seperti belajar, bermain dan lain-lain. Untuk bisa menghasilkan hasil yang optimal maka haruslah dilakukan tepat waktu watu nya belajar ya belajar, waktu tidur ya tidur, waktu bermain ya bermain.
Belajar dengan serius dan tekun
Belajar haruslah dilakukan dengan serius dan tekun dimanapun proses belajar itu berlangsung. Ketika disekolah dengarkanlah guru yang sedang memberikan pelajaran kemudian catatlah hal yang penting sehingga dapat dibaca kembali dirumah.

Hindari belajar yang berlebihan
Belajar itu memeng peru dan penting, namun belajar itu harus dilakukan sesuai dengan takarannya dan jangan teralu berlebihan. Karena jika berlebihan dapat mengganggu kesehatan selain itu otak juga tidk bisa selalu di gunakan untuk berfikir. Selain belajar secukupnya juga dibutuhkan istirahat, bermain dan refresing secara seimbang (mukminatun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar