Selamat Datang Di Blog Mukminatun, Saran dan Kritik Sangat saya nantikan demi kemajuan Blog Ini

Minggu, 13 Januari 2013



Tempe murah dan bermanfaat
Oleh: Mukminatun

Tempe merupakan salah satu makan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tempe adalah makanan yang terbuat dari bahan baku kedelai lalu di fermentasikan menggunakan ragi. Secara umum tempe berwarna putih dan berbentuk padat. Tempe banyak dikonsumsi di indonesia, tetapi belakangan ini popularitas tempe mulai dikenal oleh dunia. Para pecinta makanan yang menyukai makanan yang terbuat dari tumbuh tumbuhan atau yang sering disebut dengan kaum vegetarian diseluruh dunia telah banyak menggunakan tempe sebagai pengganti daging. Akibatnya sekarang ini tempe sudah diproduksi dibanyak tempat didunia.



Tempe ini merupakan termasuk makanan murah yang sudah mendarah daging di Indonesia, sebagian besar daerah di seluruh pelosok Indonesia mengenal tempe dan mengkonsumsinya hampir setiap hari. Bagaimana tidak, tempe enak, murah dan bergizi. Didalam tempe terkandung banyak protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu tempe juga mengandung Dalam  mangan, protein, tembaga, fosfor, vitamin B2, magnesium, dan juga kalori.
Tempe memiliki banyak kelebiahan, diantaranya yaitu:

Kelebihan pertama, tempe mempunyai protein yang setara dengan daging, kandungan protein yang ada pada tempe memiliki kualitas yang setara dengan daging. Berbeda dengan daging yang bisa menambah kolestrol jahat ketika dikonsumsi, protein yang terkandung dalam kedelai cenderung dapat menurunkan kadar kolestrol jahat, maka dari itu tempe bisa dijadikan makanan alternatif pengganti daging . selain itu protein yang terkandung dalam tempe mudah dicerna oleh tubuh.


Kelebihan yang kedua, Tempe bisa dijadikan sebagai makanan yang dapat mencegah osteoporosis, karena didalam tempe terdapat kandungan kalsium yang tinggi.


Kelebihan yang ketiga, Tempe mampu untuk menolak kanker, karena memiliki sifat antioksidan.

Kelebihan yang kekemapat, Tempe bisa dijadikan sebagai penyeimbang gula darah, protein yang yang ada juga serat yang terkandung didalam tempe dapat mencegah kadar gula tinggi dan menjaga agar kadar gula tetap terkendali. Mengkonsumsi tempe dapat membantu para penderita diabetes mendapat asupan protein dengan kadar kolestrol rendah. Sehingga memakan tempe baik untuk penderita diabetes.


Kelebihan tempe yang ke lima,harga tempe murah sehingga dapat dijangkau oleh seluru lapisan masyarakat.


Kelebihan tempe yang ke enam, untuk membuat tempe cukup mudah sehingga disetiap daerah banyak orang yang dapat memproduksi tempe dan memasarkannya sehingga masyarakat dapat membeli tempe dengan mudah. Selain itu di Indonesia ini banyak petani yang menanam kedelai sehingga mudah untuk mendapatkannya. Contoh daerah penghasil kedelai yang cukup baik yaitu daerah Pituruh kabupaten Purworejo, Jawa tengah. Namun meskipun banyak petani kedele di Indonesia terutama di daerah kota di bulan Oktober 2012 mengalami kesulitan dalam memperoleh kedelai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar