Selamat Datang Di Blog Mukminatun, Saran dan Kritik Sangat saya nantikan demi kemajuan Blog Ini

Minggu, 13 Januari 2013



Guru profesi yang mulia
Oleh: Mukminatun

Guru atau yang biasa dikenal dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa merupakan suatu insan yang sangat berarti. Guru merupakan seseorang yang telah member kita banyak pengetahuan baru, pengetahuan yang sangat berguna bagi seseorang dimasa sekarang dan dimasamenedatang. Guru yang telah membuka pintu pengetahuan bagi murid-muridnya. Banyak hal yang diberikan oleh guru, diantaranya yaitu bimbingan, mengar, member pengetahuan –penegetahuan baru dan gurulah yang membuat seseorang yang tadiya tidak tau menjadi tau, yang tadinya tidak bisa membaca menjadi bisa membaca, bisa menulis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru adalah orang yang sangat berjasa dalam kehidup seseorang.

                                                                                                                                             
Didalam kitab ta’limul muta’allim dikatakan;

فَاِ نَّ مَنْ عَلَّمَكَ حَرْفًا وَاحِدًا مِمَّا تَحْتَاجُ اِلَيْهِ فِى الدِّيْنِ فَهُوَ اَبُوْكَ فِى الدِّيْنِ

“Maka sesungguhnya orang yang mengajarkanmu satu huruf mengenai ilmu agama maka ia adalah orang tuamu”

Ada sebuah syair yang melantunkan mengenai orang tua dan guru;

فَذَاكَ مُرَبِّ الرُّوْحِ وَالرُّوْحُ جَوْهَرُ وَذَاكَ مُرَبِّ الجِسْمِ وَجِسْمُكَ صَدَ قُ


“Guru adalah yang mengurus ruh, sedangkan ruh itu bagaikan mutiara. Orang tua adalah yang mengurus jasad atau badan, sedangkan badan atau jasad bagaikan boneka”
Sungguh profesi yang sangat mulia bukun. Maka sudah sepantasnya kita menghormati guru-guru kita. Selain menghormati, kita juga harus bersemangat dalam menjalankan hidup, mempergunakan dengan baik ilmu yang telah kita miliki serta selalu berusaha mencapai tujuan hidup kita sebab guru selalu ingin melihat murid-muridnya menjadi anak yang baik dan sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar